Tips Mengatasi Smartphone Android Yang Sering Restart Sendiri

Tips Mengatasi Smartphone Android Yang Sering Restart Sendiri

Berita Terbaru – Tips Android – Seiring kita menggunakan sebuah smartphone android, tentu kita pernah mengalami smartphone yang kita miliki tiba-tiba melakukan restart dengan sendirinya. Jika kejadian tersebut terjadi hanya beberapa kali, tidak melebihi sampai 4x, merupakan hal yang wajar terjadi. Namun, bila smartphone yang kita miliki sering melakukan restart sendiri, berarti ada masalah dalam sistem.

Tips Mengatasi Smartphone Android Yang Sering Restart Sendiri

Kebanyakan aplikasi yang terpasang merupakan salah satu penyebab smartphone melakukan restart dengan sendirinya. Dalam hal ini bisa dikatakan bahwa beban yang harus dijalankan lebih berat daripada kapasitas yang dimiliki. Tentunya, bagi Anda yang memiliki smartphone android yang sering restart dengan sendirinya merupakan hal yang sangat menjengkelkan.

Di bawah ini, ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki smartphone android yang sering restart dengan sendirinya.

Tips Mengatasi Smartphone Android Yang Sering Restart Sendiri

Menghapus Beberapa Aplikasi

Langkah pertama yang harus kita lakukan ialah dengan menghapus beberapa aplikasi yang memberatkan kinerja prosesor dan RAM. Dalam hal ini, Anda bisa melihatnya pada menu setting à management aplikasi à aplikasi yang sedang berjalan. Disitu nantinya Anda akan melihat berbagai macam aplikasi yang berjalan sembari menghabiskan kapasitas RAM. Cobalah menghapus aplikasi tersebut dan lihat perubahannya. Ingat! Jangan sampai Anda menghapus aplikasi sistem seperti Layanan Google Play Store.

Factory Reset

Jika dengan menghapus beberapa aplikasi smartphone kita tetap mengalami restart sendiri, berarti memang ada gangguan dalam sistem android. Untuk mengatasi hal ini, kita bisa melakukan factory reset. Factory reset sendiri merupakan kegiatan mengembalikan kondisi smartphone seperti pertama membeli. Dalam hal ini, yang harus kita lakukan ialah dengan membackup seluruh data penting seperti foto, video, kontak, serta berbagai macam file penting lainnya.

Setelah semua file penting tercadangkan, barulah kita langsung melakukan factory reset. Caranya, silahkan pergi ke menu setting à buat cadangan dan setel ulang à kembali ke pengaturan pabrik. Tunggu hingga proses factory reset selesai dan jangan menekan tombol apapun selama proses berlangsung. Disamping itu usahakan kondisi baterai harus diatas 50%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *